
Cilegon, 8 Agustus 2025 — Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Universitas Al-Khairiyah bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) Jakarta menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Computational Thinking (CT) dengan tema “Meningkatkan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Era Digital”.
Pelatihan yang bertempat di Auditorium II STIT Al-Khairiyah ini menghadirkan dua narasumber terkemuka dari UHAMKA, yaitu Prof. Herri Mulyono, Ph.D., Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris, pakar teknologi pendidikan, dan peneliti, serta Prof. Dr. Gunawan S., M.Hum., Guru Besar Humaniora sekaligus Rektor UHAMKA.
Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para pendidik dengan konsep dan penerapan Computational Thinking (CT) dalam proses pembelajaran abad ke-21, yang menuntut integrasi antara berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pemanfaatan teknologi digital. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mengembangkan rancangan pembelajaran yang lebih kreatif, adaptif, dan berbasis data.
Peserta kegiatan terdiri dari guru di berbagai sekolah di Banten. Selama kegiatan berlangsung, peserta aktif berdiskusi dan mengikuti sesi praktik terkait penerapan CT dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Deep Learning.
Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman baru, peserta juga memperoleh berbagai manfaat seperti sertifikat elektronik (e-certificate), jejaring profesional, serta materi pelatihan.
Dalam sambutannya, Rektor UHAMKA dan Rektor UNIVAL menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidik di era digital serta memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi di bidang inovasi pembelajaran.
Kegiatan ini turut didukung oleh DPPM Kemendiktisaintek melalui hibah pendanaan penelitian tahun 2025, yang menjadi wujud nyata sinergi antara penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat dalam pengembangan kompetensi pendidik Indonesia.
